10 Cara Diet Sehat Bagi Penderita Maag Yang Baik Dan Aman

Diet Bagi Penderita Maag mungkin akan sedikit berbeda dibanding dengan cara diet lainnya. Apalagi bagi anda yang maagnya sudah parah dan akut. Niat awal ingin menrunkan berat badan, tapi jika anda melakukan hal yang salah, maka mungkin hanya akan memperburuk keadaan dengan menambah parah penyakit yang sedang anda derita. Memang pada saat ini banyak sekali beredar di dunia internet mengenai beberapa cara diet yang aman untuk penderita maag, seperti OCD, menggunakan jeruk nipis dan juga bahan lainnya. Namun anda juga harus memperhatikan menu yang diterapkan agar maag kronis atau maag akut anda tidak semakin parah.
Seperti yang anda tahu, diet dalam bahasa inggris merupakan mengatur ulang porsi makan agar postur tubuh mengenai berat badan bisa dikurangi. Sedangkan dalam penerapannya bisa dilakukan dengan cara mengganti menu harian, memperhatikan porsi (komposisi makanan) terutama dalam hal kandungan gizi dan juga didukung dengan adanya aktifitas lain seperti olahraga, memperbaiki gaya hidup, perbanyak istrirahat danjuga sangat dianjurkan untuk menjauhi cemilan.
10 Cara Diet Sehat Bagi Penderita Maag Yang Baik Dan Aman
Nah, yang jadi pertanyaan adalah : Amankah diet bagi penderita maag? Seperti apa diet yang cocok untuk penderita maag? Dan juga bagaimana cara menerapkan diet yang tepat untuk penderita maag? Pertanyaan ini salah satunya mungkin menjadi hal yang sudah umum. Oleh karena itu, untuk menjawabnya kami sudah menyediakan sedikit rangkuman terkait dengan penyelesaian masalah tersebut. Sebelumnya kami juga sudah pernah menulis Cara Mengecilkan Perut Buncit Dengan Cepat, mungkin bisa dibaca terlebih dahulu untuk menambah wawasan.
Sedikit menoleh kebelakang, Penyakit maag adalah satu kendala yang terjadi pada sistem pencernaan tepatnya pada lambung. Hal itu sering terjadi karena adanya peningkatan asam lambung yang menjadikan sering mual, mulas dan sait perut. Jika telat makan, maka penyakit ini akan kambuh dengan sendirinya sedangkan untuk menjalankan diet anda harus menahan lapar meski itu hanya sebentar. Oleh karena itu, anda harus menggunakan tips yang tepat agar penyakit maag yang anda derita tidak ikut kambuh meskipun sedang menjalan program diet.

Cara Diet Sehat Bagi Penderita Maag Yang Baik Dan Aman

1. Menjadwalkan Pola Makan Menjadi Lebih Teratur

Bagi penderita maag, menahan lapar dengan rentang waktu yang lebih lama akan menjadikan penyakit menjadi kambuh. Oleh sebab itu anda harus lebih kreatif dalam mengatur waktu sehingga perut tidak dibiarkan kosong lebih lama. Salah satu caranya ialah dengan memprsering makan dengan jangka sekitar 3jam sekali. Namun usahakan porsi lebih sedikit dan tetap teratur setiap hari.
2. Menerapkan Olahraga Secara Teratur
Meskipun ada jenis Diet Tanpa Olahraga, namun hal itu masih kurang menjanjikan jika anda ingin menurunkan berat badan secara cepat. Olahraga yang kita lakukan tidak harus ditempat fitnes atau diruang terbuka untuk melakukan lari. Namun bisa anda siasati dengan lebih banyak bergerak meskipun didalam rumah atau ruang kerja. Gerak yang menjadi penyebab keluarnya keringat akan sangat membantu dalam pembakaran lemak dalam tubuh. Sehingga tubuh akan cepat kurus dan kulit tidak lentur.
3. Atur Jam Istirahat Lebih Cukup
Tidak hanya menahan lapar dan juga olahrga saja, melainkan juga anda harus mengatur jam tidur menjadi lebih banyak. Dengan begitu anda bisa terhindar dari keinginan makan (nyemil) dan juga metabolisme tubuh akan berjalan normal.
4. Hindari Makan Sebelum Tidur
Sangat percuma anda menjalankan terapi penurunan berat badan jika masih membiasakan diri sering makan ketika hendak tidur. Sebab diwaktu tidur tubuh tidak menjalankan aktifitas dimana secara maksimal akan terjadi penumpukan sari makanan (kalori) yang menjadi penyebab dari tubuh lebih bengkak.
5. Hindari Makanan Yang Memicu Kambuhnya Maag
Jenis makanan yang anda konsumsi harus anda perhatikan. Usahakan tidak mengkonsumsi makanan yang mengandung gas, Salah satunya ialah ketela, kol, sawi, dan minuman bersoda. Makanan yang mengandung gas bisa menaikkan kandungan asam lambung sehingga mungkin penyakit anda akan kambuh.
6. Hindari Makanan Yang Banyak Mengandung Lemak.
Inti dari jenis makanan ini ialah yang prosesnya sulit dicerna oleh tubuh. Seperti makanan yang mengandung minyak dan sebagai alternatifnya diganti dengan makanan yang mempunyai kandungan serat tinggi.
7. Perbaiki Pola Hidup Sehat.
Dalam langkah ini anda bisa melakukan banyak hal. Beberapa diantaranya ialah dengan urangi merokok dan juga mengkonsumsi kopi. Kedua kebiasaan ini memicu naiknya asam lambung sehingga mungkin penyakit maag anda akan semakin parah. Alternatifnya anda bisa melakukan hal yang lebih positif dengan memperbanyak minum air putih dan lakukan aktifitas yang lebih sibuk agar keinginan merokok anda hilang (lupa).
8. Menjaga Pikiran Agar Tidak Stres.
Hal umum yang dialami manusia ialah keadaan pikiran yang terlalu berat dan bisa mengakibatkan stres. Tentunya masalah ini tidak jauh dari keadaan hidup sehari-hari, seperti tuntutan kerja, pelajaran (pelajar) atau hal lain yang menuntut otak bekerja lebih berat. Apa hubungannya dengan maag? Pikiran yang sedang stress biasanya akan memicu penyakit maag anda semakin parah.
9. Perhatikan Menu Pembuka Ketika Anda Hendak Makan
Biasanya hal ini menjadi kendala yang sering terlupakan. Padahal sangat membantu dalam menjaga lambung tetap sehat. Pilihlan menu pembuka yang lebih mudah dicerna, sehingga lambung tidak kaget dalam menerima asupan makanan.
10. Pilihlah Cemilan Yang Lebih Tepat
Dalam hal ini anda hanya memperhatikan kandungan dari cemilan yang akan anda makan. Kurangi kalori atau yang manis serta jenis makanan yang mengandung minyak seperti gorengan. Nyemillah bahan pangan yang lebih sehat, alternatif pengganti bisa dengan buah yang banyak mengandung air. Contohnya ialah melon, semangka, atau kalau anda suka bisa dengan kelapa hijau.
Melakukan program diet merupakan langkah yang sulit ketika berat badan sudah berlebih. Pastinya anda akan dirundung rasa malas dan enggan untuk melakukan aktifitas. Sebab badan gemuk jika bergerak sedikit saja sudah merasa capek dan nafas menjadi tidak teratur. Oleh karena itu, seumpama disamakan dengan penyakit. Lebih baik mencegah dari pada mengobati, sebab tubuh akan terasa ringan, nafas lega dan tubuh akan sehat secara menyeluruh.
Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan seputar 10 Cara Diet Sehat Bagi Penderita Maag Yang Baik Dan Aman. Semoga apa yang kami tulis disini bisa membantu dan menjadi salah satu referensi lebih anda untuk lebih percaya diri lagi dalam menjalankan diet meskipun terkendala penyakit.

Share this post

Post Comment