10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen

Cara Menghilangkan Bau Kaki sebenarnya bisa anda lakukan dengan menggunakan bahan alami yang ada pada lingkungan sekitar anda. Namun apakah bahan tersebut bisa mengatasi bau kaki secara permanen? Nah, pertanyaan inilah yang membuat kami untuk mencari informasi dari berbagai sumber sehingga mendapat suatu jawaban seperti apa yang sudah anda inginkan. Apa saja bahan alami tersebut? Bagaimana cara membuat dan menggunakannya? Mungkin rangkuman singkat dibawah ini bisa membantu anda dalam memberikan jawaban atas semua pertanyaan yang ingin anda ketahui.

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen

Anda pastinya sudah tahu dengan bau kaki. Bau ini disebabkan oleh adanya bakteri pada kaki dan terkadang yang menjadi pemicu munculnya ialah karena kaos kaki yang jarang dicuci, kaki berkeringat, dan juga hal lain yang mungkin tidak bisa tebak sebelumnya. Dan untuk mengatasi hal tersebut sebenarnya sangat sangat sederhana. Hal pertama yang anda lakukan dengan menjaga kebersihan dan mencegah kaki berkeringat meskipun sedang mengenakan sepatu. Intinya anda harus tetap membuat kulit kaki tetap kering. Beberapa tips yang bisa anda lakukan dalam mencegah bau kaki diantaranya :

Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen

1. Rendam Dengan Rebusan Air Daun Sirih

Daun sirih mempunyai kandugan anti-bakteri yang sangat ampuh untuk meredam munculnya bau tidak sedap pada kaki. Cara penerapan sangat mudah dan tidak butuh langkah rumit dalam pembuatannya. Yang perlu anda persiapkan ialah daun sirih secukupnya dan direbus dengan air secukupnya hingga mendidih dan berubah warna. Diamkan sejenak hingga air tersebut hangat dan rendam kaki selama kurang lebih 20 menit. Angkat dan kaki bisa dibersihkan. Cara ini bisa anda lakukan secara rutin agar kaki anda tetap harum dengan aroma khas dan tentunya dengan biaya lebih murah.

2. Menggunakan Baking Soda

Bahan ini sering sekali digunakan dalam perawatan kecantikan dan merupakan salah satu alternatif yang paling mudah anda dapat. Baking soda mempunyai fungsi untuk mengontrol keluarnya keringat sehingga secara tidak langsung akan mencegah timbulnya bau pada kaki. Yang perlu anda lakukan hanyalah melarutkan bubuk baking soda secukupnya dengan air hangat kemudian rendamlah kaki anda dalam air tersebut. Kegunaan lain baking soda ialah untuk membunuh pertumbuhan bakteri dan membuat kulit kaki tetap halus.

3. Menggunakan Sabun Anti Bakteri

Mungkin anda tidak sadar bau kaki ditimbulkan karena adanya bakteri yang berkembang pada kaos dan kulit. Pastinya anda sudah sering melihat iklan di TV tentang sabun atau bahan lain anti-bakteri yang mampu membunuh dan membersihkan bakteri yang merugikan tersebut. Jadi dengan begitu anda bisa lebih mudah mendapatkannya dengan membeli di toko atau minimarket terdekat. Langkah penggunaan cukup dengan menyabuni kaki dengan bahan tersebut atau jika berupa sabun cair, maka anda juga bisa merendamnya.

4. Memakai Air Garam

Bahan ini selalu saja ikut andil dalam semua kebutuhan sehari-hari. Entah itu sebagai bumbu dapur, obat kumur, dan lain sebagainya. Seperti bahan lainnya, garam juga bersifat anti-bakteri yang kemampuannya cukup ampuh dalam membunuh dan mencegah perkembangan bakteri pada kaki. Cara penggunaan ialah dengan menyeduh garam secukupnya dengan air hangat dan rendam kaki sekitar 15 menit. Untuk hasil maksimal, mungkin anda bisa melakukannya sebanyak 3x seminggu.

5. Menggunakan Deodoran

Umumnya bahan ini digunakan pada ketiak untuk mencegah bau badan. Namun siapa sangka jika kegunaanya juga baik untuk kaki yang identik dengan bau yang tidak sedap. Untuk jaman yang sudah serba canggih ini, deodoran bisa anda dapat dengan mudah dan sudah dalam berbagai bentuk. Ada yang berupa roll on dan juga gel. Tapi untuk mempermudah, mungkin anda bisa memakai yang gel saja. Pertama oleskan pada area kaki yang sering berkeringat dan lanjutkan dengan mamakai sepatu. Dengan begitu, maka bau kaki yang anda khawatirkan tidak akan muncul.

6. Menggunakan Air Lemon Atau Jeruk Nipis

Kedua bahan ini bersifat membersihkan dan juga anti-bakteri alami yang mampu mencegah munculnya bau tidak sedap pada kaki. Pembuatan bahan sangat sederhana, cukup siapkan air hangat pada baskom dan campur dengan perasan jeruk nipis.lemon. Rendam kaki selama 25 menit dan selanjutnya bisa anda rasakan sendiri hasilnya.

7. Menggunakan Bubuk Kopi

Selain bermanfaat sebagai masker, bubuk kopi juga mempunyai kemampuan yang cukup unik dalam menghilangkan bau kaki. Cara menggunakan cukup mudah, cukup balurkan bubuk kopi tersebut pada seluruh kulit kaki dan diamkan sekitar 15 menit. Bersihkan kaki dengan air hangat sebagai langkah pembilasan dan keringkan dengan handuk. Untuk hasil optimal, anda bisa melakukan treatmen ini sebanyak 1x dalam sehari.

8. Menggunakan Air Teh

Untuk hasil sementara, mungkin air teh bisa menjadi alternatif dari berbagai pilihan yang sudah kami sebutkan diatas. Teh mempunyai sifat anti-bakteri alami yang kemampuannya sudah tidak diragukan. Cara yang bisa anda lakukan hanyalah dengan merendam kaki dengan rebusan daun teh dan diamkan sekitar 25 menit. Lakukan secara rutin setiap hari, maka masalah yang anda alami akan segera terselesaikan.

9. Menggunakan Obat Kumur

Pada dasarnya anda bisa membuat obat kumur dari bahan alami. Seperti dari daun sirih, ketumbar dan masih banyak lagi yang lainnya. Namun bagaimana jika anda tidak paham dengan cara pembuatan? Nah, untuk hal ini anda bisa membeli obat kumur pada toko atau warung terdekat. Selanjutnya larutkan obat kumur pada air hangat secukupnya dan gunakan untuk merendam kaki.

10. Menggunakan Tisu

Langkah ini mungkin terbilang sangat konyol. Sebab untuk menjaga kulit kaki tetap kering, anda harus membalut kaki dengan tisu. Namun hal ini memang benar bahwa sangat memberikan hasil. Langkah yang perlu dilakukan ialah dengan menyelipkan lembaran kertas tisu pada sepatu. Agar kaki tidak basah dengan keringat, maka anda bisa mengantinya setiap beberapa jam sekali.

Tips Dan Cara Mencegah Bau Kaki

1. Menjaga Kebersihan Kaos Kaki Dan Sepatu

Perlu anda sadari bahwa kaos dan sepatu yang kotor menjadi salah satu pemicu munculnya bau kaki. Jadi cucilah sepatu dan kaos tersebut secara rutin. Sehingga kulit kaki tetap sehat dan mencegah pertumbuhan bakteri dan kuman pada media yang dimaksud. Paling tidak anda harus mencuci sepatu dan kaos tersebut sekitar 1x dalam seminggu.

2. Menggunakan Kaos Kaki Dengan Bahan Kain Katun

Alangkah baiknya jika anda memperhatikan bahan kain yang anda gunakan sebagai kaos kaki. Sebab, penggunaan bahan yang salah, maka mungkin saja akan memperparah bau kaki yang anda alami. Jadi sangat dianjurkan bahwa anda menggunakan bahan dari kain katun. Sebab, Kain dari bahan ini sangat halus dan mampu menyerap keringat secara maksimal. Jadi secara tidak langsung akan mencegah keringat berlebih pada kaki dan menjadikan kaki terhindar dari bau yang tidak sedap.

3. Menjaga Kebersihan Kuku

Kuku kaki yang panjang tidak menutup kemungkinan akan menjadi tempat untuk pertumbuhan bakteri. Sebab bisa saja terdapat kotoran yang pada akhirnya akan berubah menjadi bau yang sangat tidak sedap. Meskipun anda sangat memperhatikan penampilan dengan merawat kuku dengan baik. Namun ada baiknya jika anda memotongnya saja. Kecuali anda tidak pernah menggunakan sepatu dalam kehidupan sehari-hari. Atau paling tidak anda harus membersihkan kotoran yang terdapat pada bawah kuku tersebut.

4. Hindari Menggunakan Kaos kaki yang tidak kering

Dikarenakan kesibukan yang menuntut anda untuk tepat waktu, terkadang anda kurang memperhatikan bahwa kaos kaki yang anda kenakan masih belum kering. Dalam keadaan lembab tersebut, maka kuman atau bakteri lebih mudah berkembang dan menjadikan hal yang anda takutnya lebih cepat terjadi. Untuk langkah lain ialah dengan menyimpan sepatu anda pada tempat terbuka dan tidak lembab.

5. Membersihkan Kaki Dengan Sabun

Cara ini bisa anda lakukan sebelum anda menggunakan sepatu. Hal ini bertujuan untuk membuat kaki anda bersih, terhindari dari bakteri dan mungkin bisa meminimalisir munculnya bau kaki.

Mungkin hanya itu saja yang bisa kami tulis untuk 10 Cara Menghilangkan Bau Kaki Secara Permanen. Semoga bisa membantu!

Share this post