17 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Yang Benerah Ampuh

Cara Alami Menghilangkan Ketombe bisa menggunakan beberapa bahan herbal yang bisa kita dapat dari lingkungan sekitar. Alam kita yang kaya akan tanaman obat selayaknya kita maksimalkan guna memperoleh tubuh lebih cantik dan berpenampilan lebih sempurna. Sebenarnya sudah banyak yang berbagi mengenai tips dan cara menghilangkan ketombe, namun disini kami menulis kembali dengan daftar yang lebih lengkap sehingga anda bisa memilih salah satunya untuk diterapkan pada rambut.
Ketombe merupakan salah satu masalah kulit kepala yang siapa saja bisa mengalaminya. Hal ini tentunya disebabkan oleh berbagai faktor yang salah satunya ialah kebersihan yang kurang dijaga. Malas untuk keramas dan juga aktifitas keseharian yang menuntut kita untuk melakukan kegiatan yang bisa merusak kulit kepala. Dampak awal mungkin terasa gatal, dan selanjutnya barulah muncul ketombe karena terdapat banyak kotoran berupa debu serta karena mengelupasnya kulit kepala akibat luka yang sudah kering.
17 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Yang Benerah Ampuh
Ada beberapa faktor yang memicu munculnya ketombe pada kulit kepala. Beberapa diantaranya sudah kami rangkum pada keterangan dibawah ini. Tujuannya agar anda lebih mawas diri serta menghindari kegiatan terkait agar kulit kepala lebih sehat. Faktor penyebab ketombe diantaranya :
  1. Sering gonta-ganti merek shampo. Perlu kita ketahui, sampo yang kita gunakan menggunakan racikan bahan kimia yang berbeda. Jika kulit kita sensistif, maka tidak hanya menimbulkan gatal dan ketombe saja. Dampak lain akan berakibat pada rambut bercabang, rontok, lebih cepat uban dan lain sebagainya.
  2. Terlalu banyak pikiran yang mengakibatkan anda merasa stres. Jika gejala ini berangsur, maka kemungkinan besar akan menimbulkan gatal dan mengelupasnya permukaan kulit pada kepala.
  3. Menggunakan sisir yang sesuai, hindari pemakaian secara bergantian karena bisa saja anda akan tertular kuman penyebab gatal pada kulit kepala. Sehingga secara tidak sadar anda akan mengalami ketombe.
  4. Terlalu sering dan terlalu lama terkena paparan sinar matahari langsung. Sinar UVA dan UVB sangat tidak baik untuk kulit yang bisa menyebabkan gatal dan iritasi.
  5. Mengikat rambut yang masih dalam keadaan basah.
  6. Kulit anda yang sensitif dan rentan infeksi dikarenakan alergi.
  7. Dan masih banyak lagi yang lainnya.

Bagaimana Cara Mencegah Agar Kulit Kepala Tidak Berketombe?
Ada banyak hal yang bisa anda lakukan sebagai langkah awal dalam pencegahan ketombe pada kulit kepala. Salah satunya ialah dengan memperhatikan komposisi bahan kimia pada shampo yang kita gunakan. Adapun rincian komposisi tersebut bisa anda lihat pada daftar berikut :

  • Asam Salisilat : Berfungsi untuk menghilangkan dan mengangkat sel kulit mati yang sudah terlepas (rontok) dari kulit kepala. Namun efek yang akan didapat mungkin akan membuat kulit kepala menjadi kering.
  • Ketokonazol : Berguna sebagai penghilang ketombe khususnya yang disebabkan oleh jamur.
  • Tar : Mengurangi tumpukan ketombe namun berdampak pada perubahan warna rambut.
  • Selenium Sulfida : Mempunyai manfaat sebagai penghilang jamur dan memperlambat tumpukan sel kulit mati pada kulit kepala.
  • Zinc Pyrithione : Berfungsi sebagai anti jamur yang berguna untuk membasmi jamur penyenan dari munculnya ketombe.

Bagaimana Langkah-Langkah Agar Ketombe tidak berkembang biak pada kepala?

Jika kami lansir dari beberapa sumber, ada sekitar 3 langkah sederhana yang bisa anda gunakan untuk mencegah penyebaran jamur penyebab ketombe pada kulit kepala.
  1. Hindari Kebiasaan Menggaruk Kulit Kepala : Hal ini bertujuan untuk mencegah penyebaran jamur sehingga tidak berkembang lebih banyak. Memang ketombe menyebabkan rasa gatal, namun alangkah baiknya jika anda hindari dengan langsung keramas atau membersihkannya.
  2. Lakukan keramas secara rutin (paling tidak 2 hari sekali) agar kebersihan kulit kepala tetap terjaga. Hal ini bertujuan untuk mencegah perkembangan jamur dan juga lebih menyehatkan kulit kepala. Gunakan pula shampo anti-ketombe yang sesuai dengan kulit anda.
  3. Perhatikan Komposisi shampo anti-ketombe yang anda gunakan. Lihat lampiran diatas untuk lebih jelasnya. Hentikan penggunaan jika dirasa tidak cocok dan ganti dengan merek yang lain.

Bagaimana Cara Alami yang bisa digunakan untuk menghilangkan ketombe?

Menghilangkan ketombe secara alami bisa kita terapkan dengan menggunakan beberapa bahan sederhana. Untuk lebih jelasnya, dibawah ini daftar bahan serta cara penggunaan yang bisa anda ikuti : Yuk simak rangkumannya!
Cara Alami Menghilangkan Ketombe Yang Benerah Ampuh :
  1. Lidah Buaya : Bahan yang satu ini mungkin sudah dikenal sebagai salah satu alternatif perawatan rambut. Dimana fungsinya memang sangat baik untuk menjaga kesehatan kulit kepala dan juga menjadikan rambut terlihat lebih mengembang. Adapun cara penerapannya cukup dengan menyiapkan daging lidah buaya secukupnya kemudian dihaluskan hingga berbentuk pasta. Balurkan pada seluruh bagian rambut (khususnya kulit kepala) sembari melakukan pemijatan lembut. Diamkan sekitar 15 menit baru bisa dibilas.
  2. Garam Dapur : Bumbu dapur yang tak pernah lepas dari segala jenis masakan ini ternyata berkemampuan untuk mencegah pertumbuhan jamur pada kulit kepala. Untuk menggunakan cukup mencampurkan sedikit garam pada shampo ketika sedang keramas.
  3. Jeruk Nipis : Buah yang mempunyai sifat membersihkan ini sangat ampuh dalam mengangkat jamur membandel pada kulit kepala. Sangat cocok untuk segala jenis kulit dan rambut sehingga bisa digunakan secara universal tanpa harus memikirkan efek samping. Cara penerapan dengan mengolesi seluruh bagian kulit kepala dan diamkan sekitar 30 menit. Sangat cocok diterapkan sebelum anda melakukan keramas.
  4. Cuka Putih : Bahan ini dipercaya sangat aktif dalam menghilangkan ketombe pada kulit kepala. Penerapan juga terbilang mudah. Cukup dengan mencampurkan cuka dengan air pada bilasan terakhir ketika keramas. Atau dipadukan dengan minyak goreng yang digunakan sebelum keramas sembari melakukan pemijatan halus pada kulit kepala.
  5. Soda Kue (Baking Soda) : Penerapan cukup ringan yang bisa kita campurkan pada air dan bubuhkan pada bagian kulit kepala secara menyeluruh.
  6. Minyak Almond : Memang pada dasarnya minyak nabati yang satu ini mempunyai jutaan manfaat bagi tubuh. Salah satunya ialah menyehatkan kulit kepala dan mengangkat sel kulit mati yang menempel pada kulit. Penerapan cukup mengoleskan minyak almond secara merata pada rambut dan kulit kepala. Sangat cocok digunakan sehabis keramas.
  7. Minyak Teh : Minyak essensial yang satu ini mempunyai kemampuan sebagai anti-bakteri yang ampuh untuk membunuh jamur. Sangat cocok digunakan untuk menghilangkan ketombe pada rambut dan juga menjaga kesehatan kulit kepala. Cara penerapan cukup dengan mencampurkan 1sdm minyak teh dengan 1 cangkir air hangat. Aduk hingga rata kemudian digunakan untuk memijat kulit kepala sehabis atau sebelum keramas.
  8. Urang-aring : salah satu tanaman yang tergolong dalam jenis rumput ini mempunyai fungsi yang cukup baik untuk merawat kesehatan kulit kepala. Cara penggunaan tidaklah sulit, cukup haluskan sekitar 1 genggam daun urang-aring kemudian dicampur dengan air. Balurkan pada seluruh bagian kulit kepala dan didiamkan sekitar 20 menit. Selanjutnya bisa hingga bersih.
Perawatan rambut sama sulitnya dengan menjaga kesehatan kulit wajah khususnya dalam Menghilangkan Komedo. Namun jika kita telaten dan sabar, maka semua hasil akan didapat secara maksimal meskipun menggunakan bahan herbal untuk mengatasinya.
Demikianlah artikel singkat mengenai 17 Cara Alami Menghilangkan Ketombe Yang Benerah Ampuh. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan. Jangan lupa lihat juga : 16 Cara Menghilangkan Bulu Ketiak Secara alami.

Share this post

Post Comment