7 Manfaat Dan Cara Membuat Masker Bengkoang Alami Untuk Wajah

Manfaat Masker Bengkoang sudah umum dijadikan alternatif sebagai perawatan wajah dengan khasiat sebagai pencegah tanda-tanda penuaan dini, pemutih wajah, dan menjadikan wajah terasa lebih dingin dan lembut secara alami. Namun hal ini dianggap sepele oleh sebagian orang. Sehingga tidak memaksimalkan fungsi dari masker bengkoang ini. Nah, guna menambah wawasan terkait dengan perawatan kulit wajah secara alami, pada kesempatan ini kami akan berbagi tentang bagaimana cara membuat masker bengkoang dan juga cara tepat untuk menggunakannya.
Apa itu bengkoang? Rimpang atau akar sejenis umbi dan sering dibilang buah bengkuang ini merupakan salah satu bahan pangan yang dikenal mempunyai rasa manis menyegarkan. Umumnya bengkoang dikonsumsi dalam keadaan mentah sebagai rujak dan sering juga dijadikan masker untuk perawatan kulit wajah. Dan dalam hal ini, bengkoang mempunyai kemampuan yang cukup baik dalam dunia kesehatan ataupun kecantikan. Oleh karena itu, ada baiknya jika anda baca sampai selesai mengenai Manfaat Bengkoang berikut ini.
Manfaat Dan Cara Membuat Masker Bengkoang
Daging bengkoang mempunyai kesan dingin yang baik untuk kulit. Kandungan vitamin dan mineral didalamnya membantu metabolisme tubuh menjadi lebih lancar. Sedangkan penerapan bagi kulit, bengkuang mempunyai kemampuan untuk membuat kulit lebih  santai, putih, cerah dan melembabkan secara menyeluruh. Apa saja sih Manfaat Masker Bengkoang Untuk Wajah? Berikut lampiran selengkapnya!
Manfaat Masker Bengkoang Alami Untuk Wajah
  1. Mencegah penuaan dini dimana fungsi ini cukup baik untuk menyamarkan garis halus dan pengeriputan pada wajah. Jika digunakan secara teratur, wajah anda akan terlihat lebih muda dan selalu cerah sepanjang hari.
  2. Mengurangi flek atau noda hitam pada wajah. Hal ini pastinya sudah sangat umum dirasakan pada semua kalangan remaja khususnya yang mempunyai wajah berjerawat. Bekas jerawat tersebut menjadi bintik – bintik hitam yang menjadikan wajah terlihat kotor. Hal ini karena tidak terjadi pemerataan warna akibat paparan sinar matahari langsung serta berbagai faktor lain penyebab dari menghitamnya kulit wajah.
  3. Membuat wajah anda terlihat lebih cerah dan merona. Ada kalanya jika anda tidak memperhatikan penumpukan kotoran pada wajah yang menjadikan kulit terasa kusam dan gelap. Dan tidak segera diatasi, maka akan semakin sulit sehingga berkemungkinan untuk jadi permanen. Pemecahan masalah yaitu dengan masker bengkoang salah satunya.
  4. Mendinginkan dan menyegarkan kulit wajah. Jika anda seharian terlalu sibuk akan kerja, maka dimalam hari anda bisa menerapkan masker bengkoang untuk membuat kulit wajah anda lebih santai.
  5. Menyerap minyak dan mencegah timbulnya jerawat. Daya serap bengkoang boleh dibilang sangat ampuh untuk mengangkat minyak berlebih pada wajah. Sangat baik bagi anda yang mempunyai ciri kulit yang selalu berminyak agar wajah tidak mengkilap dan lengket.
  6. Mengecilkan pori wajah serta mengangkat kotoran yang menjadi pemicu timbulnya jerawat dan komedo.
  7. Menjaga kelembapan dan melembutkan kulit wajah secara menyeluruh.
Khasiat Masker Bengkoang Alami bisa kita dapat dengan menerapkannya pada wajah secara rutin. Cara pembuatannya pun tidaklah rumit serta bisa kita lakukan sendiri dirumah. Bagimana langkah-langkahnya? Berikut kami sudah merangkum cara sederhana membuat masker dari bengkoang.
  1. Pertama anda harus menyiapkan sekitar 2 butir bengkuang seukuran kepalan tangan. Jika tidak ada pilihlah yang ukuran sedang saja agar kelebihan masker tidak terbuang.
  2. Kupas bengkoang hingga tersisa dagingnya kemudian potong kecil-kecil.
  3. Haluskan bengkoang dengan cara di blender (bisa juga diparut) dan peras airnya (usahakan ampas diperas sekering mungkin) dalam satu wadah (bisa menggunakan mangkok bening).
  4. Diamkan air perasan tadi hingga terdapat endapan berawarna putih dibagian bawah (sari pati). (biasanya memakan waktu sekitar 1 jam).
  5. Pisahkan air dan endapan (pati) tadi. Air bisa langsung dibuang atau diminum.
  6. Dan terapkan endapan tadi pada wajah menggunakan kuas halus.
  7. Untuk hasil optimal, gunakan masker selama 20 menit (hingga mengering dan wajah terasa kaku) barulah dibilas.
Sari pati yang sudah didapat tadi juga bisa dipadukan dengan bahan lain yang bisa mendukung hasil menjadi lebih maksimal. Salah satunya ialah dicampur dengan madu, susu, putih telur, beras, dan jeruk nipis. Untuk lebih detailnya, mungkin resep berikut bisa membantu!
1. Cara Membuat Masker Bengkoang Dicampur Madu
  • Siapkan 1sdm madu dan pati bengkoang (endapan bengkoang).
  • Campur hingga rata agak keduanya menyatu keseluruhan.
  • Terapkan pada wajah.
  • Lihat juga : ==> Manfaat Masker Madu
2. Cara Membuat Masker Bengkoang Campur Susu
  • Sediakan endapan pati bengkoang dan 1 sdm susu kental atau susu bubuk.
  • Padukan kedua bahan hingga menjadi pasta.
  • Aplikasikan pada wajah.
3. Cara Membuat Masker Bengkoang Campur Putih Telur
  • Siapkan 1 butir putih telur dan endapan bengkoang yang sudah diparut.
  • Aduk keduanya hingga tercampur sempurna.
  • Oleskan pada wajah.
  • Cek Juga : ==> 9 Manfaat Masker Putih Telur
4. Cara Membuat Masker Bengkoang Campur Beras
  • Sediakan endapan pati bengkoang dan beras putih yang sudah direndam dan dihaluskan.
  • Aduk keduanya dan bisa ditambah sedikit air hingga mengental.
  • Balurkan pada wajah secara merata.
5. Cara Membuat Masker Bengkoang Dan Jeruk Nipis
  • Siapkan pati bengkoang yang sudah diendapkan dan perasan 1 butir jeruk nipis.
  • Pastikan kedua diaduk dan tercampur rata.
  • Aplikasikan pada wajah.

* Untuk Cara Penerapan bisa ikuti langkah-langkah diatas.

Demikianlah ulasan singkat mengenai 7 Manfaat Dan Cara Membuat Masker Bengkoang Alami Untuk Wajah. Semoga bisa berguna dan membantu bagi orang yang membutuhkan!

Share this post

Post Comment