9 Manfaat Gliserin Untuk Kecantikan Kulit Wajah

Manfaat Gliserin Untuk Kulit Wajah memang terbilang sangat unik. Sebab kemampuannya memang sudah terbukti dan memberikan hasil yang maksimal dalam melembabkan kulit melindungi kulit dari kerusakan, menghaluskan serta masih banyak lagi khasiat lain yang tentunya nanti akan anda dapat.Oleh karena itu, sudah tidak heran jika bahan yang satu ini sangat umum dijadikan salah satu bahan pembuatan kosmetik khususnya sebagai pelembab, dan untuk mengatasi masalah kulit yang mengering. Nah, bagi anda yang belum tahu apa itu gliserin, maka pada kesempatan ini kami akan mencoba untuk memberikan sedikit rangkuman terkait dengan gliserin serta cara menggunakannya untuk wajah.
Gliserin (glycerine) adalan suatu cairan kental yang tidak mempunyai warna namun terdapat rasa manis ketika dicicipi. Pada umumnya bahan ini dijadikan salah satu bahan racikan untuk pembuatan obat, makanan, sabun, dan juga produk – produk perawatan kulit lainnya. Cairan ini menjadi sangat populer dikarenakan berkemampuan bisa menyerap air dan bisa mengunci sehingga kelembapan kulit tetap terjaga. Tidak heran pula banyak produsen sabun yang menggunakan bahan ini dalam campuran produknya, namun dengan adanya gliserin, mungkin produk sabun, lotion atau lain – lainnya bisa lebih mahal dibanding dengan yang biasa. Sebab proses pembuatan yang terbilang rumit, menjadikan bahan dasar gliserin ini lebih mahal dari pada bahan alternatif lainnya.
 9 Manfaat Gliserin Untuk Kecantikan Kulit Wajah
Apa saja kegunaan gliserin dalam kehidupan sehari – hari ?
Manfaat gliserin dimanfaatkan secara maksimal oleh para produsen yang bergerak dibidang pangan, farmasi dan kosmetik. Beberapa diantaranya bisa anda dapat dalam produk sabun, lotion, ataupun makanan ringan yang biasanya kita beli di toko terdekat.


1. Manfaat Gliserin Untuk Makanan dan Minuman

  • Berguna sebagai humefektan yang juga baik untuk pelarut, pemanis serta bisa membantu untuk mengawetkan makanan.
  • Sebagai pelarut rasa yang terdapat pada vanili dan juga pewarna makanan.
  • Sebagai filter atau penyaring rendah lemak pada produk semilan dan juga rokok.
  • Pelembut atau pelunak kue, permen dan penutup daging serta keju.
  • Sebagai pengemulsi makanan.
  • Dijadikan ester poligliserol khususnya dalam pembuatan produk shortening dan margarin.

2. Manfaat Gliserin Untuk Produk Kosmetik

  • Pembersih wajah dari kotoran seperti debu dan polusi.
  • Membantu mengurangi jerawat pada wajah.
  • Mengatasi kulit kering serta dampak yang disebabkan seperti eksim dan prosiasis.
  • Mengatasi kulit bibir yang pecah-pecah dan mengelupas.
  • Menunda dan memperlambat proses penuaan pada kulit khususnya dalam mengurangi garis halus dan kerutan pada wajah.
  • Sebagai pelembab yang menjadikan kulit tetap kenyal dan elastis.
Nah, dengan melihat beberapa manfaat diatas, tentunya anda sudah bisa menebak dan menilai sendiri seperti apa nantinya hasil yang akan didapat untuk kesehatan kulit. Namun untuk lebih lengkapnya artikel ini, serta mengenai sedikit penjelasan terkait. Ada baiknya jika anda membaca juga beberapa khasiat gliserin untuk wajah yang sudah kami siapkan dibawah ini.
Manfaat Gliserin Untuk Kecantikan Kulit Wajah :
  1. Mengembalikan kelembapan kulit yang sangat sesuai digunakan bagi anda yang mempunyai masalah dengan kulit kering. Hal ini karena sifat humefektan yang fungsinya cukup baik untuk merawat dan melembabkan kulit wajah secara merata.
  2. Mengatasi masalalah kulit khususnya yang disebabkan oleh bakteri. Dalam hal ini gliserin sangat sesuai dengan anda yang ingin mencegah adanya infeksi pada kulit.
  3. Melindungi kulit dari paparan sinar matahari langsung (UVA dan UVB) dimana sinar ini bisa merusak kulit jika tidak ditangani secara tepat. Efek yang bisa dicegah ialah perubahan warna dan munculnya flek hitam yang bisa mengurangi rasa percaya diri anda.
  4. Menghilangkan flek hitam pada wajah yang disebabkan oleh bekas jerawat ataupun seperti yang sudah kami sebutkan diatas. Sehingga bintik hitam tersebut tersamarkan dan menjadikan kulit anda tetap halus dan lembut secara merata.
  5. Menjaga kelembutan dan elastisitas kulit dimana manfaat ini bisa mengatasi kulit anda yang kasar ataupun mengelupas dan bersisik.
  6. Menunda penuaan dini seperti menyamarkan garis halus atau menghilangkan timbulnya keriput pada bagian kening dan seluruh wajah.
  7. Membersihkan kotoran pada kulit yang menjadi penyebab tersumbatnya pori sehingga bisa juga diambil manfatnya untuk mengatasi komedo dan mencegah timbulnya jerawat.
  8. Membantu proses pematangan sel kulit dimana perannya sangat membantu dalam mengatasi kulit yang berminyak dan beberapa masalah yang bisa ditimbulkan oleh minyak berlebih pada wajah.
  9. Mencegah terjadinya alergi pada kulit karena bahan ini sangat aman meskipun digunakan pada kulit bayi. Kulit khususnya wajah akan bersih dan terbebas dari racun yang bisa memicu terjadinya kerusakan pada kulit.

Cara Membuat Masker Dari Gliserin :

Sebenarnya untuk hal ini anda tidak perlu melakukan sendiri, sebab untuk jaman sekarang sudah banyak produsen produk kecantikan yang sudah menggunakan gliserin sebagai bahan dasar dalam beberapa produknya. Namun jika anda berniat untuk mencoba sendiri, mungkin resep sederhana dibawah ini bisa sedikit membantu.
  • Untuk langkah awal, anda harus menyiapkan beberapa bahan yang dibutuhkan. Seperti madu, air dan sedikit cairan gliserin dengan porsi atau takaran yang sama.
  • Campurkan semua bahan dan aduk hingga adonan membentuk pasta (kental) dan jangan lupa tambahkan juga sedikit oatmeal agar masker menjadi lebih kalis.
  • Proses selanjutnya anda bersihkan wajah dengan sabun kemudian dikeringkan dengan handuk. Sehingga nantinya akan memaksimalkan hasil yang akan didapat.
  • Terapkan masker yang sudah dibuat tadi pada seluruh area wajah secara merata dan diamkan hingga 30 menit sebelum melakukan pembilasan.
  • Proses akhir ialah siapkan air hangat dan bersihkan wajah secara perlahan dan usahakan seluruh wajah bersih dengan maksimal. Sebagai penutup kemudian basuh kembali wajah anda dengan air dingin guna mengecilkan pori dan menjaga wajah tetap kencang.
Dengan menerapkan masker gliserin pada wajah, tentunya semua masalah yang anda keluhkan akan segera teratasi. Tidak hanya membersihkan, namun juga akan menjaga kulit anda tetap awet muda, cerah dan terhindar dari gangguan jerawat. Namun ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan sebelum menerapkan cairan ini pada wajah. Beberapa diantaranya ialah :
  1. Usahakan mengencerkan terlebih dahulu gliserin dengan mencampur air khususnya bagi jenis kulit wajah yang berminyak.
  2. Jangan biarkan gliserin terlalu lama pada kulit karena bisa membuat debu atau kotoran akan lebih mudah menempel karena lengket.
  3. Hinda pemakaian gliserin dengan dosis besar.
  4. Usahakan proses pembersihan dilakukan dengan benar agar kulit anda tetap sehat.
Mungkin hanya itu saja yang bisa kami sampaikan mengenai 9 Manfaat Gliserin Untuk Kecantikan Kulit Wajah. Semoga bisa membantu dan berguna bagi anda yang membutuhkan.

Share this post

Post Comment