Cara Membersihkan Karang Gigi

Cara Membersihkan Karang Gigi tentunya membutuhkan treatmen khusus yang salah satunya ialah menggunakan bahan alami yang bisa anda dapat dari lingkungan sekitar. Tidak semua bahan bisa anda gunakan, oleh karena itu masih butuh informasi lanjutan sehingga mungkin anda sampai pada artikel yang kami tulis ini. Nah, untuk menjawab rasa penasaran untuk membantu anda memperoleh referensi yang memang benar – benar sesuai, maka pada kesempatan ini kami akan memberikan sedikit rangkuman yang masih terkait dengan cara alami untuk membersihkan karang gigi pada mulut. Cara dan bahan ini juga kami ambil dari berbagai sumber di internet, namun yang kami sajikan disini boleh dibilang lengkap, rinci serta lebih mudah dimengerti.

Karang Gigi atau yang sering juga dikenal dengan plak merupakan suatu kotoran (sisa makanan) yang menempel pada sela gigi. Jika sudah lama dan mulai mengeras, kotoran (plak) tersebut akan sulit dibersihkan sehingga mungkin anda harus berkonsultasi dengan dokter untuk melakukan pembuangan secara medis (tentunya lebih higienis namun mahal). Sebab Karang gigi tidak bisa dihilangkan dengan cara menggosok gigi saja, melainkan ada trik khusus yang mungkin alternatif yang bisa anda gunakan ialah dengan menggunakan bahan alami (lebih murah dan nyaman digunakan). Nah bahan alami ini bisa saja berupa sayur, buah, minuman atau obat kumur yang menggunakan bahan alami didalamnya. Yang menjadi pertanyaan disini adalah : Apa saja bahan tersebut? Yuk lanjut saja membacanya…!!!

Cara Membersihkan Karang Gigi

Umumnya karang gigi muncul karena adanya sisa makanan yang menempel pada sela gigi. Dalam jangka waktu tertentu, pada akhirnya akan berubah menjadi kerang (berupa karang yang keras dan tajam). Sebenarnya hal ini diakibatkan oleh diri sendiri yang menuruti rasa malas karena tidak menggosok gigi sehabis makan atau sebelum tidur. Jika anda ingin mencegah hal ini berkelanjutan, maka sudah selayaknya anda membersihkan gigi anda secara teratur.

Karang gigi akan membuat anda kurang rasa percaya diri ketika sedang bertatapan langsung dengan seseorang dan berbicara dalam jarak yang dekat. Sebab celah gigi dan terjadinya perubahan warna membuat tampilan gigi sangat tidak enak dipandang. Dalam hal ini erat kaitannya juga dengan munculnya bau mulut, gigi terlihat kotor dan menguning, serta masih banyak lagi dampak dari tidak teraturnya membersihkan gigi. Nah oleh karena itu, demi kenyamanan dan guna mengembalikan rasa percaya diri anda terhadap penampilan. Mungkin hal utama yang perlu anda jaga ialah kebersihan mulut dan sela-sela gigi.

Sama halnya dengan bibir (baca juga : Cara Memerahkan Bibir), gigi juga membutuhkan perawatan sehingga tetap kuat dan tidak mudah keropos, patah ataupun sakit. Oleh karena itu, agar perawatan yang anda lakukan lebih maksimal, ada baiknya jika mengetahui apa saja penyebab dari munculnya karang gigi berikut :

  1. Kurangnya Menjaga Kebersihan Gigi : Terkadang anda hanya asal-asalan dalam menyikat atau membersihkan gigi. Sehingga dalam hal ini masih meninggalkan sisa-sisa makanan yang menempel pada sela-sela gigi. Meskipun anda rutin dalam menggosok gigi, ada baiknya jika berkumur juga dengan bahan alami lain sehingga kuman atau bakteri yang bersarang dalam mulut bersih tuntas.
  2. Suka Merokok : Mungkin anda tidak akan sadar bahwa asap rokok yang anda hisap bisa menimbulkan perubahan warna pada gigi. Selain itu asap tembakau juga bisa menimbulkan karang gigi dan plak yang masih baru bisa cepat mengeras. Jadi untuk langkah awal yang mungkin anda bisa ambil ialah dengan mengurangi kebiasaan buruk tersebut.
  3. Lupa berkumur sehabis makan. Hal ini memang sering tidak disadari oleh sebagian orang. Meskipun anda tidak menggosok gigi sehabis makan, namun anda tidak lupa berkumur. Maka penumpukan sisa makanan pada sela gigi masih bisa diminimalisir. Jadi dengan begitu pembentukan plak atau karang gigi bisa dicegah.
  4. Gemar Mengkonsumsi Makanan Manis : Makanan yang berbahan gula, cokelat ataupun apa saja yang berasa manis akan membuat plak yang menempel pada gigi semakin kuat. Sebab gula sangat lengket dan mungkin akan menjadi salah satu pemicu dari timbulnya karang gigi.
  5. Gemar Ngopi : Minuman penambah tenaga ini mempunyai efek yang sangat buruk jika dikonsumsi secara berlebihan. Selain itu jika dilihat dari segi bahan pembuatan, kopi terkadang dipadukan pula dengan gula dan susu. Dan kesemuanya identik dengan rasa manis yang pada akhirnya bisa memicu penumpukan dan mengerasnya sisa makanan pada gigi. Selain rokok, mungkin kopi salah satu bahan yang harus anda kurangi.

Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami

Menghilangkan karang gigi memang boleh dibilang gampang – gampang susah. Khususnya bagi anda yang tidak mempunyai dana lebih untuk membersihkannya dengan cara instan. Namun pemikiran ini masih bisa diakali. Meskipun sulit untuk mengangkat karang gigi yang sudah mengeras, namun masih ada alternatif yang bisa anda gunakan. Berikut beberapa tips Cara Membersihkan Karang Gigi Secara Alami :

1. Menjaga Kebersihan Gigi ( Gosok Gigi Secara Teratur Dan Rutin)

Menggosok gigi bertujuan untuk mengurangi atau bahkan membersihkan semua sisa makanan yang masih menempel pada sela dan celah gigi. Lakukan kegiatan ini secara teratur setiap habis makan ( dianjurkan pada saat bangun tidur dan sebelum tidur ). Namun untuk treatmen yang lebih jelas, ada baiknya anda mengikuti cara menggosok gigi yang baik dan benar. Salah satunya ialah dengan cara menggosok kebagian atas dan juga kebagian bawah dari gigi. Yang terpenting juga mengutamakan gigi yang sering anda gunakan mengunyah.

2. Memperbanyak Konsumsi Air Putih

Asupan air putih yang cukup bagi tubuh akan membuat metabolisme berjalan lebih normal. Pada anjuran yang diberikan oleh para pakar biasanya dalam sehari tubuh membutuhkan paling tidak 8 gelas air. Nah, air putih ini akan mengurangi penumpukan kotoran dalam mulut. Tidak hanya itu saja, melainkan dari air ini juga bisa dijadikan bahan kumur yang paling sederhana.

3. Berkumur Sehabis Makan

Meski anda tidak menyikat gigi, namun kegiatan berkumur sehabis makan akan membuat gigi lebih bersih. Paling tidak bisa menguragi sedikit tumpukan sisa makanan yang bersembunyi pada sela atau celah gigi. Dalam hal ini anda bisa menggunakan obat atau juga bahan alami (obat kumur alami) yang bisa anda buat sendiri dirumah.

4. Menggunakan Pasta Gigi (odol) Khusus

Penggunaan pasta gigi yang sesuai akan membantu anda dalam membersihkan karang gigi secara maksimal. Dalam hal ini biasanya odol yang mempunyai kandungan flouride tinggi akan sangat membantu untuk mempercepat perontokan plak pada gigi. Oleh karena itu anda dituntut untuk lebih pintar dalam menyeleksi penggunaan pasta gigi sebelum membeli dan menggunakannya.

5. Membersihkan Karang Gigi Dengan Kulit Jeruk

Jeruk mempunyai kandungan vitamin C yang baik untuk kesehatan. Salah satu fungsi dari vitamin C ialah sebagai anitoksidan yang menangkal radikal bebas serta menguatkan sistem imun tubuh. Nah selain itu, buah ini juga bisa dimanfaatkan kulitnya untuk membuat gigi lebih putih dan pembersih karang gigi alami yang bisa anda gunakan dalam kehidupan sehari-hari. Untuk penggunaan biasanya kulit jeruk digosokkan pada gigi khususnya yang berkarang. Lakukan secara rutin hingga plak tersebut benar-benar lepas. Dalam hal ini anda juga harus hati-hati, sebab penggunaan berlebihan akan mengikis lapias luar gigi dan membuat gigi anda tipis dan mudah patah.

6. Mengangkat Karang Gigi Dengan Baking Soda

Salah satu bahan pembuatan kue ini sering juga disebut dengan natrium karbonat. Fungsinya bisa membantu dalam mengurangi kandungan asam pada mulut dan juga mempercepat perontokan plak yang menempel pada gigi. Cara menggunakan cukup dengan mengoleskan pada sikat dan menggosokkannya pada gigi secara perlahan. Untuk langkah pembersihan anda bisa menggunakan air hangat untuk berkumur.

7. Memanfaatkan Teh Hitam

Meski kurang begitu dikenal secara umum, namun penggunaan teh hitam sebagai obat kumur bisa membunuh bakteri yang berkembang dalam mulut. Tidak hanya itu saja, manfaat lain dari teh hitam juga baik untuk menguatkan dan menghilangkan plak secara alami. Jika digunakan secara rutin, maka gigi anda akan lebih kuat dan putih bersih setiap hari.

8. Menggunakan Biji Asam Jawa Untuk Membersihkan Karang Gigi

Biji asam jawa (asam kawak) sering sekali menjadi sampah karena tidak dimanfaatkan secara maksimal. Padahal jika diolah dengan langkah yang benar, biji ini bisa dijadikan tepung alternatif bahan pangan yang kandungan karbohidratnya sangat tinggi. Selain itu biji asam kawak juga bisa dijadikan odol (pasta gigi alami) yang kemampuannya bisa merontokkan karang gigi dengan cepat. Cara pembuatan ialah dengan menghaluskan biji asam jawa dan dicampur dengan sedikit air hangat hingga mengental. Terapkan pada gigi dengan cara disikat atau sebagai pengganti odol.

9. Memakai Lidah Buaya

Bahan alami yang tergolong dalam jenis tanaman (kaktus) ini sudah banyak dibudidayakan karena bisa dijadikan bahan pangan yang kaya akan serat. Tidak berakhir pada itu saja, kandungan baik pada lidah buaya bisa dijadikan alternatif untuk membunuh bakteri yang menjadi pemicu munculnya plak pada gigi. Cara penerapan cukup dengan mengoleskan daging lidah buaya pada karang gigi, diamkan sejenak bari berkumur hingga bersih. Atau bisa juga dijadikan pengganti odol ketika anda sedang menyikat gigi.

10. Mengkonsumsi Buah Apel Untuk Gigi lebih sehat

Apel mempunyai kandungan yang fungsinya cukup baik untuk membersihkan gigi secara alami. Jika dikonsumsi secara rutin, buah ini bisa mengurangi plak atau karang gigi secara maksimal. Cukup makan 1 hingga buah apel ukuran kecil dalam sehari, maka gigi anda akan terlihat putih, bersih dan terhindar dari plak.

11. Mengkonsumsi Buah Melon, Stroberi, dan Tomat

Sebenarnya buah ini tidak beda jauh dengan manfaat buah apel. Karena kandungan didalamnya mempunyai kemampuan untuk membunuh bakteri pada mulut selaku penyebab dari pembentukan karang gigi. Cara menggunakan cukup mudah, cukup oleskan buah yang sudah dikupas pada sela atau bagian gigi yang berkarang. Diamkan hingga beberapa menit kemudian diakhiri dengan berkumur air hangat.

12. Merontokkan Karang Gigi Dengan Cengkeh

Rempah yang satu ini merupakn bumbu pada masakan dan paling umum dikenal untuk pembuatan rokok. Namun siapa sangka jika manfaat lain dari cengkeh juga terkait dengan dunia kesehatan. Air cengkeh yang dijadikan obat kumur berfungsi untuk membunuh bakteri (bersifat anti-bakteri) yang pada akhirnya bisa mencegah munculnya plak pada gigi. Gunakan paling tidak 1x sehari, maka gigi anda akan terhindar yang namanya karang gigi.

13. Menggunakan atau mengkonsumsi Keju

Dalam hal ini keju mempunyai kegunaan yang membantu produksi air liur alkali. Fungsi air liur ini menetralkan asam pada karang dan keju juga akan menjadi pelindung lapisan gigi sehingga tidak ada bakteri penyebab plak yang menempel. Selain itu keju juga kaya akan kandungan kalsium dan fosfat yang membantu menjaga kesehatan gigi secara optimal. Cara penggunaan cukup konsumsi beberapa lembar keju dipagi hari sehabis sarapan.

14. Mengunyah Biji Wijen

Wijen cukup ampuh dalam menghilangkan karang gigi secara alami. Hal ini didukung dengan adanya kandungan minyak serta mineral lain yang fungsinya cukup baik dalam melunturkan plak atau karang pada gigi. Untuk penerapan, cukup kunyah biji wijen hingga halus, diamkan sejenak (jangan ditelan ataupun dimakan). Selanjutnya sikat gigi dengan biji wijen yang sudah halus tersebut hingga gigi terasa bersih. Biji wijen merupakan salah satu scrub gigi yang multi guna. Selain membersihkan karang gigi, biji ini juga bisa mengkilapkan, memutihkan, membersihkan dan menjaga kesehatan gigi secara alami.

Demikianlah Ulasan singkat mengenai Cara Membersihkan Karang Gigi. Jika artikel ini membantu, jangan lupa untuk dishare juga dengan teman-teman yang lain. Terima kasih!

 

Share this post