Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Dan Berkilau

Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Dan Berkilau sebenarnya tidaklah sulit. Semua tergantung bagaimana anda menerapkan dan memanfaatkan bahan alami di sekitar sehingga memperoleh rambut hitam seperti yang di inginkan. Ada banyak tips yang bisa anda lakukan agar rambut tetap terawat dan bisa hitam meski dengan bahan alami. Dan Semua tersebut sudah kami rangkum secara detail dibawah ini. Tujuannya agar anda mempunyai acuan atau referensi dasar dalam melakukan perawatan rambut secara menyeluruh. Seperti apa tips tersebut? Mungkin keterangan berikut bisa menjawabnya.
Anda pastinya sudah paham bahwa rambut merupakan mahkota utama seorang wanita. Bagaimana jika rambut anda kusam, bercabang, patah-patah dan mungkin mengalami kerontokan. Hal ini menjadi tugas besar untuk anda merawatnya. Masalah rambut tidak berhenti disitu saja, seperti berketombe dan mengalami perubahan warna oleh paparan sinar matahari. Nah oleh karena itu, anda harus menjaga betul agar masalah-masalah tersebut tidak anda alami.
Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Dan Berkilau
Ada begitu banyak cara menghitamkan rambut. Salah satunya ialah dengan menggunakan minyak penghitam rambut alami. Hal ini sebenarnya sudah kami bahas sebelumnya. Namun untuk pengetahuan yang lebih luas, maka tidak ada salahnya jika anda melakukan hal yang lebih banyak agar kesehatan rambut tetap terjaga. Bagaimana cara menjaga rambut agar tetap hitam? Berikut tips sederhanya yang mungkin bisa anda lakukan.
  1. Menghindari sinar matahari secara langsung. Dalam hal ini anda bisa mengunakan alat pelindung yang salah satunya ialah payung. Papaparan UVA dan UVB terik sinar matahari, akan mengubah warna rambut secara langsung menjadi kemerahan. Kondisi ini akan semakin parah jika rambut anda dalam keadaan basah.
  2. Memperbanyak minum air putih minimal 10 gelas perhari. Hal ini tentunya bertujuan agar rambut tetap lembab dan tubuh terhindar dari yang namanya dehidrasi.
  3. Gunakanlah jenis shampo yang sesuai dengan rambut anda. Pemakaian merek yang salah, maka akan menambah buruk keadaan. Amati dulu komposisi dari bahan yang digunakan, usahakan yang berasal dari bahan alami agar rambut tetap sehat namun aman.
  4. Jangan Sering Mengonta-ganti warna rambut. Pemakaian yang berlebih khususnya dalam waktu yang relatif singkat, maka hal tersebut akan merusak kelembapan rambut. Jadi sebisa mungkin tidak melakukan pewarnaan atau mengganti warna rambut.
  5. Hindari penggunaan pengering rambut, catokan atau yang sifatnya panas. Sebab hanya akan membuat rambut anda mati dan mungkin akan terlihat seperti kusut jika tidak digunakan dengan benar. Hal lain yang juga perlu dihindari ialah rebonding.
  6. Bagi anda yang ujung rambutnya mengalami percabangan, ada baiknya jika langsung melakukan pemotongan. Sebab jika dibiarkan akan membuat ujung tersebut berubah warna menjadi kemerahan.
  7. Usahakan pikiran anda selalu tenang dan tidak selalu terbawa emosi. Sebab salah satu pemicu dari perubahan warna rambut ialah stres dan identik dengan keseringan ngambek, dll.
  8. Menerapkan vitamin pendamping ketika anda hendak keluar rumah. Untuk saat ini sudah banyak produk yang memasarkan vitamin rambut. Coba pilih dan terapkan salah satunya. Vitamin akan menjaga rambut anda lebih sehat dan tidak mudah kering.
  9. Jika rambut anda dalam keadaan basah sehabis berenang, usahakan langsung melakukan pembilasan dengan shampo dan menggunakan conditioner agar rambut rambut anda tidak mengalami perubahan warna. Yang paling penting hindari kontak sinar matahari langsung.
Cara Merawat Rambut agar tetap hitam diatas kadang membuat kita lupa akan penyebab dari berubahnya warna rambut. Padahal tidak semuanya disebabkan oleh pola hidup tidak sehat kita. Masih banyak lagi faktor lain yang menjadi pemicu masalah. Sehingga menjadikan kita menganggap sepele berubahnya warna rambut tersebut. Faktor-faktor tersebut meliputi :
  • Genetik. Faktor ini merupakan salah satu hal umum yang paling sering dialami. Jika kita mengamati sejenak, kenapa orang bule mempunyai rambut putih atau kuning keemasan? Hal itu karena memang sudah bawaan lahir yang diturunkan oleh orang tua kepada anaknya. Nah begitupun jika hal tersebut terjadi pada anda, jadi jangan heran jika anda berubah menjadi kemerahan.
  • Melakukan pewarnaan yang berlebihan. Kadangkala anda mengubah warna rambut selain hitam, jika berkelanjutan dan sering bergonta-ganti warna cat, maka tidak heran warna rambut anda menjadi tidak menarik lagi.
  • Terlalu Sering Terkena Paparan Sinar Matahari Langsung. Seperti yang sudah kami jelaskan diatas, UVA dan UVB pada matahari sangat merugikan bagi kesehatan. Tidak hanya untuk rambut, namun juga berdampak buruk untuk kesehatan kulit. Jika tidak dilakukan perawatan yang tepat, maka pigmen rambut akan terurai dan menjadi salah satu penyebab berubahnya warna pada rambut.
  • Penggunaan Shampo Yang Tidak Sesuai. Ada sebagian orang yang melakukan keramas setiap hari. Hal ini malah mempercepat pertumbuhan uban pada rambut. Nah, perlu anda ketahui, shampo mempunyai kandungan kimia yang bersifat panas, secara berkepanjangan akan mengubah warna karena dapat melarutkan pigmen pada rambut.
  • Melakukan Rebonding Atau Sering menggunakan Catokan Dan Hairdryer. Alat yang digunakan mempunyai panas yang bertujuan untuk mengeringkan dan meluruskan rambut. Namun apa anda tidak sadar bahwa semua itu malah bisa merusak rambut anda. Hal umum yang dialami tidak hanya perubahan warna rambut, namun juga terjadi kerontokan, bercabang dan rambut menjadi mati.
  • Menggunakan Gel Dan Vitamin Rambut Yang tidak Cocok. Penggunaan gel biasanya ditujukan agar rambut lebih mudah ditata. Namun masalah lain akan muncul jika gel yang anda gunakan tidak sesuai. Intinya anda harus lebih mawas dengan penggunaan bahan perawatan. Lebih baik yang alami agar terhindari dari efek samping yang ditimbulkan.
Adakah Cara Alami Yang Bisa Digunakan Untuk Menghitamkan Rambut? Nah, untuk menjawab pertanyaan ini kami sebelumnya sudah menjelaskan tentang Manfaat Masker Air Beras Untuk Perawatan Rambut. Namun selain itu, masih banyak lagi bahan alternatif yang bisa anda gunakan. Untuk lebih jelasnya, berikut beberapa bahan yang bisa anda pakai untuk membuat rambut hitam secara alami.
1. Menggunakan Teh Basi Yang Diambil Airnya
Anda mungkin tidak sadar bahwa teh basi juga bisa digunakan dalam menjaga pigmen rambut agar tidak mudah terurai. Dalam teh basi terkandung beberapa senyawa alami dimana fungsinya sangat membantu dalam menghitamkan rambut sesuai dengan yang anda inginkan. Senyawa tersebut berupa Vitamin dan mineral yang dibutuhkan oleh tubuh. Contohnya ialah  kalsium, zinc serta masih banyak lagi yang lainnya. Cara penerapannya ialah :
  • Langkah awal ialah dengan membuat seduhan teh yang kemudian didiamkan semalaman.
  • Keesokan harinya gunakan air tersebut untuk membasahi rambut secara menyeluruh sembari melakukan pemijatan halus pada kulit kepala.
  • Diamkan sejenak agar air tersebut meresap, paling tidak 20 hingga 25 menit.
  • langkah akhir bisa langsung dibersihkan untuk pembilasan. Lebih baik lagi jika anda langsung keramas.

2. Memanfaat Biji Pepaya Untuk Menghitamkan Rambut

Tahukah anda jika biji pepaya juga bisa anda manfaatkan untuk mengembalikan pigmen rambut yang memudar. Meski terbilang sangat sederhana, namun jika digunakan dengan benar, maka biji pepaya bisa menjadi ramuan paling ampuh untuk menjadikan rambut hitam secara alami. Khususnya dalam mengatasi uban atau rambut memerah yang disebabkan oleh faktor perubahan usia. Cara menggunakannya pun sangatlah sederhana.
  • Pertama anda siapkan sekitar 30 butir biji buah pepaya yang sudah dibuang bagian luarnya. Cuci agar biji tersebut bersih dari kulit luar.
  • Sangrai biji tersebut dengan wajan menggunakan panas sedang hingga mengeluarkan aroma harum atau hingga benar-benar kering.
  • Tumbuk biji tersebut hingga halus selayaknya kopi. Gunakan ayak atau saringan agar tidak tercampur dengan yang kasar.
  • Basahi bubuk biji pepaya dengan minyak goreng secukupnya. Aduk keduanya hingga berubah menjadi kental.
  • Balurkan kepada seluruh rambut dan permukaan kulit kepala secara merata sembari melakukan pemijatan lembut.
  • Diamkan selama kisaran waktu 20 hingga 30 menit agar ramuan meresap dengan sempurna.
  • Dan langkah akhir rambut langsung dibilas sembari melakukan keramas.

3. Menggunakan Daun Bunga Sepatu

Daun kembang sepatu bisa dijadikan salah satu alternatif dalam mengatasi rambut beruban. Tidak jauh dengan manfaat bahan lainnya, penggunaan daun bunga sepatu boleh dibilang yang paling mudah. Sebab langkah-langkahnya amatlah sederhana.
  • Pertama anda siapkan dulu beberapa lembar daun bunga sepatu dan cuci hingga bersih.
  • Remas-remas agar mengeluarkan lendir dan diusapkan langsung pada bagian kulit kepala.
  • Diamkan sejenak sembari melakukan pemijatan pada kulit kepala secara lembut hingga meresap.
  • Kemudian bilas dan bisa juga langsung keramas.

4. Menggunakan Buah Alpukat

Kandungan lemak nabati pada buah ini sangat ampuh dalam menjaga kelembapan dan kesehatan rambut secara menyeluruh. Meski tergolong dalam kategori buah, alpukat sudah sangat umum digunakan dalam dunia kecantikan. Penggunaannya juga efektif untuk menjaga pigmen hitam rambut agar tidak cepat pudar. Cara penerapan bisa dilakukan dengan :
  • Sediakan terlebih dahulu buah alpukat yang sudah diambil dagingnya.
  • Haluskan dengan dipadukan dengan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. Aduk bahan hingga mengental dan berbentuk gel.
  • Basahi rambut terlebih dahulu dengan air bersih dan diolesi dengan ramuan buah alpukat tadi hingga merata.
  • Lakukan pemijatan lembut pada kulit kepala selama proses pengolesan. Dan kemudian ditutup dengan pelindung kepala (bisa juga menggunakan handuk)
  • Diamkan sekitar 30 menit sebelum dilakukan pembilasan.

5. Menghitamkan Rambut Dengan Minyak Kemiri

Bahan dasar bumbu dapur ini mempunyai kandungan minyak yang sangat membantu anda dalam merawat rambut. Jika digunakan secara berkala, maka pigmen warna rambut akan kembali normal. Baik juga digunakan sebagai pengganti minyak rambut agar lebih lebat dan mengembang. Cara menggunakan ialah :
  • Pertama anda harus menyangrai terlebih dahulu beberapa butir kemiri hingga berubah warna menjadi kehitaman.
  • Tumbuk kemiri tadi hingga halus dan mengeluarkan minyak.
  • Oleskan pada kulit kepala dan rambut secara merata yang kemudian didiamkan selama 30 menit.
  • Langkah akhir ialah melakukan pembilasan yang bisa juga sembari anda keramas.

6. Memanfaatkan Kelapa Hijau Untuk Rambut Lebih Hitam

Tahukah anda jika kelapa muda yang masih hijau bisa juga digunakan untuk merawat rambut. Kadungan mineral didalamnya bisa mengembalikan pigmen rambut yang mulai memudar. Bagaimana cara membuatnya?
  • Yang perlu anda persiapkan ialah satu buah kelapa hijau yang sudah diambil dagingnya dan juga sedikit garam dapur.
  • Parut kelapa dan peras untuk diambil santannya. Masukkan juga garam dapur yang sudah disiapkan.
  • Selanjutnya oleskan ramuan tadi pada rambut dan kulit kepala secara merata. Lakukan pemijatan halus dan didiamkan hingga 20 atau 25 menit agar air santan bisa meresap seluruhnya.
  • Langkah akhir yaitu dengan membilas rambut dengan air dingin.

7. Menghitamkan Rambut Dengan Kacang Kenari Hitam

Kacang yang sering dijadikan bahan cemilan dan juga kue ini ternyata juga mempunyai fungsi yang cukup baik dalam merawat rambut agar tetap hitam. Meski terbilang sederhana, namun hasil yang nanti yang akan didapat tidak akan membuat anda kecewa. Cara menerapkan :
  • Anda siapkan terlebih dahulu kacang kenari sebanyak 1 genggam (secukupnya).
  • Hancurkan biji kacang dengan cara digeprek dan menjadi bentuk kasar seperti kerikil kecil.
  • Rebus kacang dengan ditambahkan sedikit air hingga mendidih dan berubah warna.
  • Diamkan hingga dingin dan gunakan air tersebut untuk membasahi seluruh bagian kepala dan rambut.
  • Diamkan sekitar 30 menit kemudian dibilas yang bisa dibarengi dengan keramas.

8. Memaksimalkan fungsi Kopi Untuk Rambut lebih hitam
Pada bahasan sebelumnya kami juga sudah membahas tentang Manfaat Masker Kopi. Namun jika dibahas lebih lanjut, kopi juga bisa dijadikan alternatif untuk mengembalikan kehitaman rambut secara alami. Hal ini karena kandungan kafein serta senyawa lain didalamnya juga ikut membantu dalam menjadikan rambut lebih hitam berkilau. Cara penerapan :

  • Seduh bubuk kopi seperti biasanya kemudian diamkan hingga dingin.
  • Jika ampas sudah mengendap, ambil air bagian atas saja (ampas bisa dijadikan masker).
  • Aplikasikan air tadi untuk membasahi seluruh permukaan kulit kepala dan rambut.
  • Diamkan sekitar 20 menit atau sedikit mengering dan bilas sembari melakukan keramas.

9. Menghitamkan Rambut Dengan Merang atau Tangkai Padi.

Merang padi merupakan shampo tradisional yang digunakan orang terdahulu untuk membersihkan rambut. Namun siapa sangka jika limbah padi ini juga membantu dalam menjaga pigmen hitam rambut agar tidak mudah pudar. Cara membuat :
  • Pertama anda harus menyiapkan 3 ikat tangkai padi terlebih dahulu.
  • Bakar dalam wadah atau bejana hingga menjadi abu.
  • Tambahkan 1 liter air dan aduk hingga tercampur rata dan debu dari merang padi tersebut larut.
  • Diamkan semalaman ditempat terbuka agar terjadi proses endapan dan pengembunan.
  • Keesokan harinya gunakan air yang bening untuk keramas.
  • Lakukan cara ini sebanyak 2x seminggu untuk hasil yang optimal.

10. Gunakan Cokelat Untuk Menghitamkan Rambut

Mungkin tidak anda sadari jika cokelat yang bersifat menenangkan ini mempunyai fungsi cukup baik dalam menjaga kehitaman rambut. Dari segi dunia kesehatan, cokelat cukup baik untuk mengatasi stres dan mengurangi pikiran berat. Namun bagaimana jika digunakan pada rambut?
  • Siapkan cokelat cair dan dipadukan dengan perasan jeruk nipis atau jeruk lemon. (bisa juga menggunakan cokelat bubuk, namun harus dibasahi terlebih dahulu dengan air hingga mengental).
  • Oleskan pada seluruh permukaan rambut dan ditutup dengan handuk hangat yang basah.
  • Diamkan sekitar 20 menit barulah bisa dibilas dan sekaligus keramas.

11. Memakai Minyak Kelapa Dan Jeruk Lemon

Minyak kelapa mempunyai manfaat baik dalam melembabkan rambut, sedangan jeruk lemon bisa dipkai untuk menjaga kebersihan kulit kepala. Namun paduan dua bahan ini juga berpengaruh dalam menghitamkan rambut. Bagaimana cara memakainya?
  • Siapkan 3sdm makan minyak kelapa dan 1 butir jeruk lemon yang sudah diperas (diambil airnya).
  • Padukan minyak kelapa dan perasan jeruk lemon hingga tercampur rata.
  • Terapka pada rambut secara merata dan melakukan pemijatan lembut hingga meresap.
  • Diamkan sekitar 15 hingga 20 menit barulah dibilas dengan air dingin.

12. Rosemary Untuk Membuat Rambut Berkilau

Rosemary mungkin terkenal dengan fungsinya sebagai rempah. Namun jika diketahui secara luas, daun dari tanaman ini juga bisa digunakan sebagai penghitam rambut alami. Hal ini karena kandungan vitamin, mineral dan juga senyawa alami didalamnya terbilang sangat lengkap. Cara penggunaan :
  • Siapkan daun rosemary secukupnya kemudian dicuci hingga bersih.
  • Remas-remas daun hingga hancur dan rebus dengan air secukupnya sampai mendidih.
  • Diamkan hingga dingin barulah kemudian bisa diterapkan pada rambut dan permukaan kulit kepala.
  • Tunggu sekitar 20 menit dan bilas sembari anda keramas.

13. Memakai Daun Rambutan Agar Rambut Hitam Alami.

Daun rambutan juga sering digunakan sebagai ramuan herbal untuk menyembuhkan berbagai jenis penyakit. Hal itu karena daun tanaman penghasil buah ini mengandung senyawa seperti saponin, polifenol dan tanin dimana fungsinya cukup membantu dalam meningkatkan produksi pigmen dalam rambut. Cara pakai :
  • Sediakan sekitar 1 genggam daun rambutan yang masih segar.
  • Tumbuk kasar daun dan dipadukan dengan sedikit air.
  • Peras hingga mengluarkan sari atau pati yang berwarna hijau klorofil.
  • Oleskan pada seluruh permukaan rambut dan didiamkan sekitar 30 menit.
  • Selanjutnya bilas hingga bersih sembari anda keramas.

14. Menggunakan Lidah Buaya Agar Rambut hitam dan lebat.

Lidah buaya memang sudah dikenal luas bisa dijadikan alernatif dalam merawat kecantikan tubuh secara menyeluruh. Daging lidah buaya cukup baik untuk mengencangkan kulit dan juga merawat wajah dari masalah jerawat. Namun bagaimana jika digunakan pada rambut?
  • Siapkan daging lidah buaya yang masih segar kemudian dihaluskan hingga berubah menjadi gel.
  • Oleskan pada bagian rambut secara merata dan didiamkan sekitar 30 menit.
  • Bilas dengan air dingin sembari keramas.

15. Menggunakan Minyak Zaitun Agar Rambut berkilau

Minyak zaitun mempunyai kandungan asam lemak yang baik untuk perawatan tubuh. Salah satunya ialah untuk mengembalikan kehitaman rambut secara alami. Bagaimana cara menggunakannya?
  • Siapkan minyak zaitun dan oleskan pada rambut secara merata.
  • Lakukan pemijatan halus pada kulit kepala agar lebih santai.
  • Diamkan sejenak selama 30 menit dengan menutup kepala menggunakan handuk.
  • Bilas dan keramas menggunakan shampo.

Demikianlah ulasan singkat mengenai Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami Dan Berkilau. Semoga bisa membantu! Jangan lupa dishare juga dengan teman-teman yang lain ya…! Terima kasih!

Share this post

Post Comment