Kulit Berminyak? Jangan Khawatir, Begini Cara Mengatasinya

 

anggun.id – Memiliki kulit berminyak bagi sebagian orang mungkin tidak terlalu bermasalah. Tetapi bagi orang yang peduli dengan penampilan tentu menjadi masalah besar. Kulit berminyak sangat mudah untuk munculnya jerawat dan komedo. Jika kurang pas dalam penanganannya akan banyak meninggalkan bekas pada wajah sehingga terlihat lengket dan kusam. Masalah kulit berminyak tidak hanya terjadi pada kaum muda saja, namun orang yang lebih tua pun masih mengalaminya. Juga tidak terbatas pada jenis kelamin, wanita atau pria bisa mengalami masalah kulit berminyak ini.
Banyak faktor yang mempengaruhi seberapa parah tingkat produksi minyak di kulit. Salah satunya adalah jenis makanan yang dikonsumsi. Bagi kamu yang memiliki kulit berminyak, berikut ini adalah daftar makanan yang baik untuk dikonsumsi yang kami lansir dari berbagai sumber:

1. Jeruk
Salah satu kelebihan buah jeruk adalah memiliki kemampuan detoksifikasi selain kaya akan kandungan vitamin C. Kandungan inilah yang membuat jeruk mampu mengurangi kelebihan minyak pada kulit serta mengeluarkan racun dari tubuh.

2. Makanan yang Mengandung Omega 3

Sumber omega 3 terbesar adalah ikan. Kandungan asam lemak omega 3 pada ikan berfungsi untuk membantu mengeluarkan racun dari kulit dan membuat kulit tetap terjaga kelembabannya. Selain pada ikan, kandungan omega 3 juga dapat kita peroleh dari kedelai, alpukat, dan kacang–kacangan.

3. Ketimun
Ketimun atau sering juga disebut mentimun adalah jenis sayuran yang memiliki kandungan kadar air hingga 95 persen. Kandungan air yang tinggi ini akan membuat kamu yang mengkonsumsinya terhindar dari dehidrasi. Dengan mengkonsumsi ketimun yang cukup juga akan membantu kamu untuk mengeluarkan racun dan kelebihan minyak di kulit.

4. Makanan yang Kaya Serat
Serat yang terkandung dalam makanan dapat membantu mengeluarkan racun dalam tubuh. Serat ini juga mampu memberikan nutrisi yang esensial untuk tubuh yang bermanfaat untuk mencerahkkan kulit. Memakan makanan tinggi serat juga akan membuat kamu merasa kenyang lebih lama sehingga dapat membantu kamu untuk mempertahankan berat badan ideal. Ada beberapa sumber makanan berserat yang baik, antara lain: oatmeal, kacang–kacangan, berbagai jenis jeruk, jagung, dan nasi merah.

5. Makanan yang Mengandung Probiotik
Kandungan probiotik dalam makanan akan membantu mengurangi peradangan pada usus dan mencegah tumbuhnya jerawat. Contoh Makanan yang mengandung probiotik antara lain: kol. yogurt, kefir, coklat hitam, acar, tempe, dan kimchi.

6. Makanan yang Mengandung Beta Karoten 
Bela Karoten banyak terkandung dalam buah dan sayuran. Beta Karoten dapat membantu mengurangi minyak pada wajah dan mengurangi jerawat juga peradangan di dalam tubuh. Selain itu beta karoten juga mampu mengeluarkan segala macam racun dari dalam tubuh. Cobalah untuk rajin meminum jus buah–buahan dan sayuran yang tidak ditembahi gula.

7. Sayuran Berwarna Hijau

Sayuran hijau banyak mengandung vitamin A, B, C, dan E. Kandungan vitamin ini sangat bermanfaat sebagai antioksidan pada kulit. Oleh karena itu sangat disarankan untuk untuk mengkonsumsi sayuran hijau yang cukup setiap harinya.

8. Makanan Rendah Gula

Makanan manis akan menaikkan kadar insulin dalam tubuh sehingga berpotensi menimbulkan peradangan dan naiknya kadar hormon. Kondisi ini akan menyebabkan pori–pori tersumbat yang menyebabkan tumbuhnya jerawat.

Selain jenis-jenis makanan yang disarankan untuk dikonsumsi di atas, terdapat beberapa jenis makananan yang sebaiknya dihindari atau dikurangi. Berikut adalah daftar makanan dan minuman yang sebaiknya dihindari bagi kamu yang punya masalah kulit berminyak yang kami lansir dari berbagai sumber:

1. Alkohol

Mengkonsumsi alkohol menyebabkan suhu tubuh meningkat dan menyebabkan seseorang lebih merasa sering kepanasan dan berkeringat. Keringat yang banyak ini membuat pori–pori tersumbat dan bisa menyebabkan timbulnya jerawat.

2. Makanan yang Digoreng

Makanan yang diolah dengan menggunakan minyak terutama dengan teknik deep fried sebaiknya dihindari. Minyak yang digunakan akan menyumbang kadar minyak yang melebihi kebutuhan tubuh. Ayam goreng, kentang, ikan goreng adalah contoh-contoh makanan yang kadar minyaknya sebainya kamu hindari.

3. Junk Food dan Fast Food

Makanan cepat saji dan berminyak bisa menimbulkan peradangan dan munculnya jerawat. Selain itu bisa menimbulkan ketidakseimbangan hormon dalam tubuh.

4. Daging Merah dan Produk Turunannya

Daging dan hasil olahan turunanannya umumnya mengandung jumlah lemak jenuh yang banyak. Lemak jenuh ini erat kaitannya dengan obesitas, penyakit jantung dan peradangan.

5. Susu dan Produk Turunannya

Bagi kulit berminyak susu sapi dan produk turunannya ternyata dapat memberikan efek kurang baik buat kamu yang memiliki kulit berminyak, yaitu mempermudah tumbuhnya jerawat dan penuaan dini. Tetapi jangan khawatir, kamu masih bisa mengonsumsinya, namun jumlahnya yang harus kamu batasi.

6. Cemilan asin

Makanan yang mengandung garam tinggi dapat menyebabkan peradangan. Cemilan asin seperti keripik kentang, kentang goreng, dan biskuit crackers, seringkali mengandung lemak trans. Lemak trans inilah yang menyebabkan timbulnya peradangan dan memperburuk kondisi kulit yang berminyak.

7. Gula Tambahan

Gula tambahan seperti sirup jagung, maltosa, madu, dan gula tebu memiliki kadar glikemik yang tinggi. Batasilah mengkonsumsi gula tambahan ini karena kurang baik untuk kesehatan jantung dan kulit kamu.

8. Tepung olahan

Kandungan serat dan nutrisi asli dari sumber makanan seperti gandum dan sumber lainnya seringkali hilang jika sudah menjadi tepung olahan. Produk dari tepung olahan ini antara lain: roti, sereal, dan pasta. Aneka produk dari tepung olahan ini dapat memberikan efek gula darah lebih tinggi dan berlebihnya produksi minyak di kulit.

9. Coklat

Coklat tawar mungkin saja bagus untuk tubuh, namun coklat kemasan yang telah diberi pemanis dan dicampur dengan susu dapat  membuat kulit kamu semakin berminyak. Jika demikian, maka minuman coklat juga bukan asupan yang baik untuk kamu yang memiliki kulit berminyak. Pilihlah dark chocolate jika ingin mengonsumsi coklat.

Share this post